G
N
I
D
A
O
L

Donor Darah SMK Farmasi Bhakti Husada Karanganyar

(Kamis, 23 Februari 2023) PMI dan PMR WIRA Bahusda telah menyelenggarakan Donor Darah di SMK Farmasi. Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini terdiri dari para Siswa, Guru dan Karyawan.  Peserta donor darah sangat antusias bahkan ada beberapa dari peserta yang sudah terbiasa mendonorkan darahnya. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk dapat mendonorkan darahnya.

Tahap yang pertama yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar yang merasa kecewa. Beberapa pendaftar dinyatakan gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan baru melaksanakan vaksin.

Adapun persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah di SMK Farmasi adalah pendonor berusia 17 hingga 65 tahun. Berat badan minimal adalah 50 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dL.

Disamping hal di atas telah terpenuhi, syarat lainnya yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang.

Aksi donor darah ini juga mendapatkan apresiasi positif dari petugas PMI Kota Kebumen dan diharapkan, kedepannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin.